+ -

Pages

Monday, October 22, 2012

Programming & Networking?

Lulus tahun 2009, pengalaman kerja masih sangat minim untuk bisa diterima di sebuah perusahaan yang bagus. Saat berbincang dengan kawan sejawat, tak sedikit ternyata banyak di antara mereka yang mengeluh tentang standar requirement perusahaan untuk merekrut calon karyawan. Apalagi kalau fresh graduate. Kita bongkar-bongkaran deh. Suka atau tidak suka, Kalau kita coba buka halaman kompas hari sabtu, trus job opportunities-nya programmer, maka kualifikasinya adalah (1). Jago bahasa pemrograman : PHP, Java, .Net, VB, JQuery, dan nilai plus jika bisa ASP. Astaga gimana yang kalo yang fresh graduate ya, baru liat requirementnya udah g pede aja...:D (Oia, saya mau coba menulis tentang tren SDM IT, saya pikir ada kaitannya dengan besarnya requirement perusahaan terhadap calon karyawan saat ini. Tunggu tulisan berikutnya)

Sebenarnya, dalam tulisan kali ini mau bicara bagaimana peluang meretas karir di programmer dan networking, tentunya dari sudut pandang orang yang masih kecil seperti saya. Terus terang selama saya jadi seorang programmer(2 tahun), saya belum menemukan celah meretas karir sebagai seorang programmer. Karena, saya lihat dunai pemrograman terlalu abstrak, baik itu fungsi pekerjaan kedepan ataupun perusahaannya. 

Beberapa bulan terakhir, saya mulai mendalami ilmu networking, terutama bagaimana networker punya peluang ke depan. Ikut training, kemudian forum dsb, memang tidak cukup bagi saya untuk menyimpulkan prospeknya. Tapi setidaknya saya punya sedikit pendapat yang bisa saya bagi bagi teman-teman terutama yang masih mencari jalur karir. Dalam dunia networking seperti Network Engineer, IT Infrastruktur sebenarnya memiliki wadah yang bagus dalam mengembangkan karir. Seorang yang terjun dalam dunia networking, pasti sudah mengenal apa yang namanya Cisco, Juniper dsb, nama-nama tersebut merupakan perusahaan-perusahaan internasional yang bergerak dalam bidang networking yang memproduksi device-device yang digunakan perusahaan besar di seluruh dunia. Contohnya di Indonesia, bank besar seperti BCA, BNI, BRI(CMIIW), merupakan perusahaan yang telah mengunakan device networking standar internasional. 

Kemudian pertanyaannya adalah bagaimana perusahaan semisal Cisco mampu menginstall perangkat tersebut di Indonesia? 

Cisco memiliki sebuah rekanan perusahaan di Indonesia dengan skala nasional. Perusahaannya memiliki grade tersendiri. Paling tinggi adalah Cisco Gold Partner. Beberapa Cisco Gold Parner di Indonesia adalah Multipolar, Mastersystem dsb(bisa di cari sendiri). Perusahaan seperti ini sangatlah tergantung dari sertifikasi karyawannya. Beberapa diantaranya jika ingin test masuk, setidaknya harus memiliki CCNA. Dalam perkembangannya setelah masuk, perusahaan akan meminta karyawan untuk meningkatkan level sertifikasi networking karyawannya dan tentu saja berbanding lurus dengan gaji..:D

Dari sharing dengan teman-teman yang sudah bekerja di networking, jika berbicara tentang gaji rata-rata, maka untuk Fresh Graduate S1 CCNA adalah 5jutaan, kemudian Fresh Graduate CCNP 7jutaan, dan Untuk CCIE 15jutaan, bahkan beberapa yang sudah pengalaman, gaji seorang CCIE bisa mencapai 35 juta plus kendaraan dinas dan bonus 120juta per tahun. Untuk data tersebut tentu saja tidak pasti, akan sangat tergantung dari perusahaan dan kemampuan personal.

Enaknya di networking, seperti data yang sebelumnya disampaikan, jejang karirnya cukup jelas, paling tidak setelah lulus kuliah kita sudah memiliki sertifikasi CCNA sebagai modal teman-teman masuk perusahaan basis IT. jika beruntung disana kita akan di kasih modal dan waktu untuk mengikut training yang lebih tinggi levelnya, yakni CCNP. Jika teman seorang yang ambisius, tentu itu saja tidak cukup, maka tidak salahnya jika CCIE bisa teman dapatkan di sertifikasi berikutnya.

Terlihat mudah sepertinya, tapi tentu saja seseorang perlu memiliki komitmen dalam dirinya, dalam usia 20 tahun ke atas, ada kecenderungan mencari pekerjaan yang sesuai keinginan, karena sikap idealis sebagai mahasiswa yang kuat. Tapi tidak apa, selama kita masih bisa adaptif terhadap perkembangan lingkungan kita. Catatan ini tidak sedang berbica baik dan buruk, prospek besar dan prospek kecilnya bidang ilmu di Teknologi Informasi, disini hanya sekedar berbagi wawasan saja terkait celah dalam salah satu bidang  di TI.



5 Samudera: Programming & Networking? Lulus tahun 2009, pengalaman kerja masih sangat minim untuk bisa diterima di sebuah perusahaan yang bagus. Saat berbincang dengan kawan seja...
< >