+ -

Pages

Friday, May 11, 2012

IT Salary Benchmark 2012

Ini posting kedua saya, setelah beberapa detik yang lalu secara resmi saya buka blog ini ..:D , saya ingin mulai berbagi informasi(aduh katanya kaku banget..) dari apa yang sebelumnya saya ketahui(hehe makin kaku).

Saya to the point saja ya, this is about salary a.k.a gaji ...:D Menurut saya ini penting, dimanapun Anda bekerja, atau dibidang apapun Anda bekerja, gaji merupakan bagian penting bagi seseorang untuk menentukan karirnya ke depan. Anda tentu tidak mau kerja keras otak Anda dibayar secara tidak proporsional bukan? tentu.

Pada dasarnya, saya hanya ingin berbagi, dan untuk diketahui bersama (mangap, khususnya untuk orang yang bekerja di bidang IT) kita perlu dan penting untuh tahu sebenarnya spesialis IT yang kita miliki punya prospek gaji yang bagus atau tidak. Sebelumnya saya pernah baca dalam salah satu artikel di media lokal(kompas.com), yang merujuk ke zdnetasia.com, dimana disana dirilis beberapa rata-rata salary bagi pekerja Indonesia dalam beberapa kategori, seperti berikut ini:
1. Gaji rata-rata tahunan berdasarkan keterampilan TI dan masa pengalaman kerja.
2. Gaji rata-rata tahunan berdasarkan fungsi pekerjaan dan pengalaman kerja.
3. Gaji rata-rata tahunan berdasarkan keterampilan TI paling diminati
4. Gaji rata-rata tahunan berdasarkan fungsi pekerjaan.

Berikut kutipan dari kompas.com:
JAKARTA, KOMPAS.com — Situs teknologi ZDNet kawasan Asia melakukan survei online sejak Maret 2011 hingga Maret 2012 kepada para profesional teknologi informasi terkait gaji yang mereka terima selama satu tahun. Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara Asia yang disurvei ZDNet. Survei ini melibatkan 945 responden dari berbagai jenis fungsi pekerjaan dan keterampilan teknologi informasi (TI). Indonesia menyumbang 78 responden dalam survei ini. Dari jumlah tersebut, 37 responden memiliki pengalaman kurang dari 5 tahun di bidang TI, 30 responden memiliki pengalaman 5 sampai 10 tahun, dan 11 orang sudah berpengalaman di bidang TI lebih dari 10 tahun. Dalam hal gaji, profesional TI di Indonesia yang bekerja di perusahaan sektor hukum dan keuangan negara menjadi profesional TI yang mendapat gaji tahunan paling tinggi dengan rata-rata Rp 250 juta. Jumlah ini mengalahkan rekan-rekan mereka yang bekerja di perusahaan sektor TI, web, dan telekomunikasi, yang mendapat gaji Rp 215 juta per tahun. 

Dengan mengetahui bagaimana sebenarnya gaji yang mungkin kita terima dengan parameter pengalaman, spesialisasi, fungsi dan lain sebagainnya, bisa dijadikan sebagai tolak ukur, khususnya untuk para sarjana muda atau yang statusnya mahasiswa, mau dibawa kemana atau lebih tepatnya mau seperti apa spesialisasi nanti yang akan kita miliki. Apakah sebagai seorang Application Development, Web Development, Database Management. Pesannya tentu saja, baik tentunya untuk kita mempersiapkan diri sejak awal, daripada pada saatnya nanti kita hanya tersesat pada tempat dimana kita tidak tahu apakah kita menginginkannya atau tidak..:D

Lengkapnya ke sini aja ya : Kompas

Tunggu tulisannya berikutnya, Salary Guide 2012
5 Samudera: IT Salary Benchmark 2012 Ini posting kedua saya, setelah beberapa detik yang lalu secara resmi saya buka blog ini ..:D , saya ingin mulai berbagi informasi(aduh kat...
< >